Jumat, 29 Januari 2010

Perjalanan Ke Barat

Ini adalah kisah dari negri China tentang perjalanan Biksu Tong dan 3 muridnya menuju ke Barat untuk mengambil Kitab Suci.

Diawali dengan kisah  Sun Go Kong, dia adalah siluman kera yang sangat hebat tapi dia sangat liar. Dia telah mengacau di Kayangan hingga porak-poranda. Karena gusar dengan tingkah laku Sun Go Kong yang liar itu, Kaisar langit mengutus Jendralnya untuk menangkap Sun Go Kong tapi karena Sun Go Kong sangat kuat dan hebat pasukan Kayangan pun tidak sanggup mengalahkan Sun Go Kong. Karena kejadian itu Sun Go Kong menjadi sangat sombong dan angkuh. Karena ia selalu membangkang akhirnya dia dihukum oleh Budha Culai Sang Maha Budha, ia dihukum di bawah kaki gunung, di tindih batu selama 500 tahun. Untuk kemudian datang biksu agung yang bernama Biksu Tong, ia mendapat wasiat untuk mengambil kitab suci ke barat dan  akhirnya Sun Go Kong menjadi murid pertamanya.

Lalu  kisah yang kedua tentang Jendral Tian Feng yang dihukum menjalani 1000 siksaan cinta karena ia mencintai Dewi Chang E. Hingga suatu saat Jendral Tian Feng mati sebagai manusia dan dia berenkarnasi lagi kembali, dia memberontak dan tidak sengaja masuk ke jalur renkarnasi bintnatang. Kemudian Jendral Tian Feng hidup di bumi menjadi siluman babi dan ia mengubah namanya menjadi Cu Pat Kai hingga dia dipanggil untuk mengawal Biksu Tong menuju ke barat mengambil Kitab Suci dan Cu Pat Kai menjadi murid ke dua Biksu Tong.

Ini kisah ketiga tentang Sha Cheng, dia adalah siluman penjaga sungai(maaf lupa nama sungainya) . Sha Cheng selalu  mengganggu dan memakan setiap orang yang melewati sungai yang ia tinggali itu. Suatu saat Biksu Tong dan kedua muridanya Sun Go Kong dan Cu Pat Kai ingin menyebrangi sungai. Tapi mereka herang karena dia tidak menemukan perahu untuk menyebrangi sungai itu, lalu mereka bertemu dengan seorang penduduk dan bertanya apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata di sungai itu sering terjadi kecelakaan yang aneh. Lalu mereka menemukan sebuah perahu yang sudah lama tidak dipakai lagi, mereka pun meyebrangi sungai itu. Di tengah jalan mereka dihadang oleh siluman sungai itu, Biksu Tong tercebur ke sungai itu dan ditangkap oleh siluman sungai itu. Setelah bertemu dengan siluman sungai itu, Biksu Tong menceramahi siluman itu untuk bertobat dan megikuti ajaran Budha. Lalu Sha Cheng berjanji untuk melindungi Biksu Tong pergi ke barat untuk mencari Kitab Suci dan Sha Cheng menjadi murid ketiga Biksu Tong.

Setelah mendapatkan ketiga muridnya, Biksu Tong kembali melanjutkan perjalanannya menuju ke Barat untuk mengambil Kitab Suci. Perjalanan ke Barat tidak semudah yang kita bayangkan mereka harus berjalan setapak demi setapak dan menghadapi kesulitan yang begitu banyak. Suatu saat Sun Go Kong bertemu dengan siluman kera yang sangat hebat dan siluman itu dapat mengibangi kekuatan Sun Go Kong. Kera itu bernama Kera Tumpei, Kera Tumpei sangat iri dengan Sun Go Kong karena ia terpilih untuk mengawal Biksu Tong pergi ke barat untuk mengambil Kitab Suci. Karena sangat benci dengan Sun Go Kong, Kera Tumpei menantang Sun Go Kong bertarung dengan persyaratan bila Kera Tumpei menang dia yang akan mengawal Biksu Tong pergi ke Barat dan bila Sun Go Kong kalah dia harus rela melepaskan atau menghilangkan semua kekuatannya. Karena Kera Tumpei sangat licik, Sun Go Kong kalah dengan Kera Tumpei dan dia harus rela menghilangkan semua kekuatannya dan meninggalkan Bisku Tong dan kedua adik sepeguruaanya. Tapi sebelum meninggalkan guru dan kedua adiknya itu Sun Go Kong berpesan kepada mereka bila kekuatannya kembali seperti dulu dia akan kembali dan mengalahkan Kera Tumpei itu. 

BERSAMBUNG




 

0 komentar:

Poskan Komentar